Analisis SWOT Xiaomi
Xiaomi memiliki sejumlah kekuatan
yang sangat baik. Xiaomi adalah pemimpin pasar dan merek terpercaya di Cina
yang telah membuat bangga negara. Xiaomi telah sukses menggunakan pendekatan
pemasaran yang inovatif untuk menjual produk-produknya secara online. Oleh
karena itu, dengan produk yang fleksibel, Xiaomi memiliki kesempatan untuk
menciptakan brand yang unik dengan pengalaman pengguna yang unggul dengan
membangun dan memanfaatkan ekosistem MIUI sendiri. Namun, Xiaomi perlu mengatasi
kelemahan dalam hal kualitas dan layanan purna jual. Juga, mungkin perlu
belajar bagaimana strategi untuk ke pasar lain, karena mereka tidak dapat
bekerja secara efektif di luar China. Xiaomi juga perlu menghadapi ancaman
seperti meningkatnya persaingan, baik dari pesaing kecil maupun pesaing besar
seperti Samsung yang pindah target pasar.
Analisis SWOT adalah cara untuk memeriksa kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman yang perusahaan hadapi. Berikut Ringkasan Analisis
SWOT untuk Xiaomi :
Value Chain model M.Porter
Perusahaan menciptakan nilai tambah untuk
konsumen dengan melakukan aktivitas-aktivitas utama dan
pendukung. Nilai tambah yang dihasilkan oleh aktivitas tersebut merupakan
harga yang
akan dibayar konsumen.jika harga yangg dibayar lebih tinggi daripada total biaya yang
dikeluarkan seluruh aktivitas maka perusahaan akan menghasilkan keuntungan atau
margin.
Aktivitas-aktivitas utama
· Aktivitas logistik kedalam
Menerima, menyimpan, mengelola dan
mengontrol persediaan komponen, dan pengembalian pada pemasok.
· Aktivitas operasi
Merakit komponen menjadi produk
akhir (hardware).
· Aktivitas logistik keluar
Mengirim dan menyimpan produk akhir (hardware)
serta mengatur jadwal pemesanan dan pengiriman.
· Aktivitas pemasaran dan penjualan
Pemasaran melalui forum fanspage, website dan media sosial. Penjualan melaui e-commerence dan onlineshop.
Pemasaran melalui forum fanspage, website dan media sosial. Penjualan melaui e-commerence dan onlineshop.
· Aktivitas Jasa (Service)
Pelayanan atas kritik, opini dan saran pengguna.Warranty service dan layanan purna jual.
Aktivitas pendukung
· Aktivitas pengembangan teknologi
Menyediakan kebutuhan akan teknologi, prosedur
dan teknik terbaru yang dibutuhkan oleh tiap aktivitas.
· Aktivitas pembelian (Procurement)
Pembelian bahan-bahan baku dan
peralatan pendukung termasuk asset perusahaan.
·
Aktivitas sumber daya manusia
Penseleksian, promosi jabatan,
penempatan, penilaian, penghargaan dan pengembangan
· Aktivitas infrastruktur perusahaan
Mengelola perencanaan, keuangan, manajemen, hukum.
EmoticonEmoticon