Bab 4 -
Analisis Sumber Daya Saing Xiaomi
Xiaomi memiliki sejumlah kekuatan yang sangat baik.
Xiaomi adalah pemimpin pasar dan merek terpercaya di Cina yang telah membuat
bangga negara. Xiaomi telah sukses menggunakan pendekatan pemasaran yang
inovatif untuk menjual produk-produknya secara online. Oleh karena itu, dengan
produk yang fleksibel, Xiaomi memiliki kesempatan untuk menciptakan brand yang
unik dengan pengalaman pengguna yang unggul dengan membangun dan memanfaatkan
ekosistem MIUI sendiri. Namun, Xiaomi perlu mengatasi kelemahan dalam hal
kualitas dan layanan purna jual. Juga, mungkin perlu belajar bagaimana strategi
untuk ke pasar lain, karena mereka tidak dapat bekerja secara efektif di luar
China. Xiaomi juga perlu menghadapi ancaman seperti meningkatnya persaingan,
baik dari pesaing kecil maupun pesaing besar seperti Samsung yang pindah target
pasar.
Analisis SWOT adalah cara untuk memeriksa kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman yang perusahaan hadapi. Berikut Ringkasan
Analisis SWOT untuk Xiaomi :
Bab 5 -
Analisis Value Chain Xiaomi
Perusahaan
menciptakan nilai tambah untuk konsumen dengan melakukan aktivitas-aktivitas utama dan pendukung. Nilai tambah yang dihasilkan
oleh aktivitas tersebut merupakan harga yang akan dibayar konsumen.jika harga yangg dibayar lebih tinggi daripada total biaya yang dikeluarkan seluruh aktivitas maka perusahaan akan menghasilkan keuntungan
atau margin.
Aktivitas-aktivitas
utama
·
Aktivitas
logistik kedalam
Menerima,menyimpan,mengelola
dan mengontrol persediaan bahan baku,pengangkutan dan pengembaliannya pada
pemasok.
·
Aktivitas
operasi
merubah
bahan baku menjadi produk akhir.
mengangkut
dan menyimpan produk akhir serta mengatur jadwal pemesanan dan pengangkutan.
·
Aktivitas
pemasaran dan penjualan
·
Aktivitas
Jasa (Service)
Pelayanan,
service, layanan purna jual, dll.
Aktivitas
pendukung
·
Aktivitas
pengembangan teknologi
menyediakan
kebutuhan akan teknologi ,prosedur dan teknik terbaru yang dibutuhkan oleh tiap
aktivitas.
·
Aktivitas
pembelian (Procurement)
Pembelian
bahan-bahan baku dan peralatan pendukung termasuk asset perusahaan.
·
Aktivitas
sumber daya manusia
Penseleksian,
promosi jabatan, penempatan, penilaian, penghargaan dan pengembangan
·
Aktivitas
infrastruktur perusahaan
Mengelola
perencanaan, keuangan, manajemen, hukum.
EmoticonEmoticon