Tugas Akhir Manajemen Strategi #2

06.39


Bab 4 - Analisis Sumber Daya Saing Xiaomi
Xiaomi memiliki sejumlah kekuatan yang sangat baik. Xiaomi adalah pemimpin pasar dan merek terpercaya di Cina yang telah membuat bangga negara. Xiaomi telah sukses menggunakan pendekatan pemasaran yang inovatif untuk menjual produk-produknya secara online. Oleh karena itu, dengan produk yang fleksibel, Xiaomi memiliki kesempatan untuk menciptakan brand yang unik dengan pengalaman pengguna yang unggul dengan membangun dan memanfaatkan ekosistem MIUI sendiri. Namun, Xiaomi perlu mengatasi kelemahan dalam hal kualitas dan layanan purna jual. Juga, mungkin perlu belajar bagaimana strategi untuk ke pasar lain, karena mereka tidak dapat bekerja secara efektif di luar China. Xiaomi juga perlu menghadapi ancaman seperti meningkatnya persaingan, baik dari pesaing kecil maupun pesaing besar seperti Samsung yang pindah target pasar.
Analisis SWOT adalah cara untuk memeriksa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang perusahaan hadapi. Berikut Ringkasan Analisis SWOT untuk Xiaomi :

 
 
Bab 5 - Analisis Value Chain Xiaomi
Perusahaan menciptakan nilai tambah untuk konsumen dengan melakukan aktivitas-aktivitas utama dan pendukung. Nilai tambah yang dihasilkan oleh aktivitas tersebut merupakan harga yang akan dibayar konsumen.jika harga yangg dibayar lebih tinggi daripada total biaya yang dikeluarkan seluruh aktivitas maka perusahaan akan menghasilkan keuntungan atau margin.
 
 Aktivitas-aktivitas utama
·         Aktivitas logistik kedalam
Menerima,menyimpan,mengelola dan mengontrol persediaan bahan baku,pengangkutan dan pengembaliannya pada pemasok.
·         Aktivitas operasi
merubah bahan baku menjadi produk akhir.
·         Aktivitas logistik keluar
mengangkut dan menyimpan produk akhir serta mengatur jadwal pemesanan dan pengangkutan.
·         Aktivitas pemasaran dan penjualan
·         Aktivitas Jasa (Service)
Pelayanan, service, layanan purna jual, dll.
Aktivitas pendukung
·         Aktivitas pengembangan teknologi
menyediakan kebutuhan akan teknologi ,prosedur dan teknik terbaru yang dibutuhkan oleh tiap aktivitas.
·         Aktivitas pembelian (Procurement)
Pembelian bahan-bahan baku dan peralatan pendukung termasuk asset perusahaan.
·         Aktivitas sumber daya manusia
Penseleksian, promosi jabatan, penempatan, penilaian, penghargaan dan pengembangan
·         Aktivitas infrastruktur perusahaan
Mengelola perencanaan, keuangan, manajemen, hukum.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »