Bab 1 - Latar Belakang Xiaomi
Asal Usul Dan Sejarah perusahaan
Xiaomi
Asal mula dan sejarah perusahaan xiaomi yang lagi naik
daun pada tahun 2014 lalu, dengan seri redminya, Xiomi Inc dikenal hampir ke
seluruh penjuru asia bahkan dunia. Berikut sejarah perusahaan Xiomi yang
dipimpin CEO yaitu Lei Jun.
Berawal dari nama Xiaomi Inc (Tionghoa: 小米科技; pinyin: Xiǎomĭ Kējì, secara
harfiah “Teknologi Beras Kecil” atau “Teknologi Xiaomi”). Nama Xiaomi sendiri
berasal dari Bahasa Mandarin, yaitu “beras kecil”. Pada tahun 2011, CEO Lei Jun
mengatakan bahwa ada makna yang lebih besar dari nama Xiaomi. Dia menghubungkan
“Xiao” sebagai konsep Buddha yang berarti “sebutir beras dari Buddha
adalah sama besarnya seperti gunung”, dan mengatakan bahwa Xiaomi ingin bekerja
dari hal-hal yang kecil, bukan memulai dari hal-hal yang besar. Sementara “mi”
merupakan singkatan dari “Mobile Internet” dan juga “Mission Impossible” karena
setelah mendirikan Xiaomi, terdapat banyak hambatan yang terlihat mustahil
untuk dihadapi pada saat itu.
Xiaomi sendiri adalah perusahaan Elektronik swasta
dari Tiongkok yang didirikan pada tahun 6 Juni 2010 berkantor pusat di
China, Beijing yang mempunyai misi dan visi menciptakan pengalaman pengguna
dari segala aspek. perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu
perusahaan teknologi tercepat & terkemuka di Cina.
Xiaomi merupakan distributor Smartphone terbesar
ke-3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual Telepon cerdas,
Aplikasi seluler, dan Elektronik konsumen. Xiaomi merilis smartphone pertamanya
di bulan Agustus 2011. Pendiri serta CEO Xiaomi adalah Lei Jun, yang
merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok menurut Forbes (sebuah majalah bisnis
dan finansial Amerika Serikat). Dan perusahaan ini kini bernilai lebih dari $10
miliar USD dan sudah mempunyai lebih dari 3000 karyawan dari Tiongkok bahkan
Malaysia, Singapura, India, Filipina dan Indonesia.
Pendiri
Xiaomi Mr. Lei Jun
Founder,
Chairman and CEO
Mr. Lei pernah menjadi bagian dari tim pendiri
Kingsoft pada tahun 1992 dan menjadi CEO pada tahun 1998. Setahun kemudian, ia
mendirikan situs layanan informasi IT dan download Joyo.com atau sekarang
menjadi amazon.cn. Setelah Kingsoft berhasil ia telah menyelesaikan IPO mereka,
Lei mengundurkan diri dari Kingsoft untuk jabatannya dan menjadi Vice
Chairman di Kingsoft. Pada awal 2000-an, ia berinvestasi pada banyak start-up
companies sukses seperti YY, UC dan Vancl sebagai angel investor (investor
penyandang dana), dan pada tanggal 6 April 2010, ia mendirikan Xiaomi. Pada
Juli 2011, ia kembali ke Kingsoft sebagai Chairman of the Board. Kini Lei
menjabat sebagai Chairman dan CEO Xiaomi.
Sejarah Berdirinya Xiaomi :
Sejarah Xiaomi tahun 2010
Pada Agustus 2010, resmi meluncurkan firmware berbasis Android pertamanya, MIUI. Telepon
cerdas pertama diumumkan pada Agustus 2011 bernama Mi 1. Mi 1
menggunakan firmware MIUI berbasis Android yang
menyerupai TouchWiz dari Samsung dan iOS dari Apple.
Sejarah Xiaomi tahun 2012
Pada bulan Agustus 2012, Xiaomi mengumumkan telepon cerdasnya yang
bernama Mi 2. dengan didukung oleh Snapdragon S4 Pro APQ8064
oleh Qualcomm, 1.5 GHz quad-core Krait chip, GPU Adreno 320
dan RAM 2GB.
Sejarah
Xiaomi tahun 2013
Pada tanggal 5 September 2013, CEO Xiaomi secara resmi
mengumumkan rencana peluncuran SmartTV berukuran 47 inci dengan
kelebihannya yaitu 3D berbasis Andorid, yang akan dirakit oleh pabrik
televisi Wistron Corporation di Taiwan milik Sony.
pada tanggal 24 September 2013 bahwa Mi 2 telah
terjual lebih dari 10 juta dalam waktu 11 bulan. Mi 2 telah dijual
untuk vendor ponsel nirkabel bernama MobiCity oleh Amerika
Serikat, Australia, Eropa, Britania Raya, dan Selandia Baru.
Pada September 2013, Xiaomi mengumumkan
Smartphone Barunya Mi 3, yang didukung oleh Prosesor Snapdragon
800 dan chipset Tegra 4 oleh NVIDIA.
Pada tanggal 25 September, Xiaomi mengumumkan rencana
untuk membuka toko ritel di Beijing.[23] Pada bulan
Oktober 2013, Xiaomi dilaporkan sebagai merek telepon cerdas paling banyak
digunakan ke-5 di Tiongkok. Pada tahun 2013, Xiaomi telah berhasil menjual
18,7 juta telepon cerdas, dan pada pertengahan tahun 2014 sebanyak 26,1
juta telepon cerdas.
Sejarah
Xiaomi tahun 2014
Pada tahun 2014, Xiaomi mengumumkan akan memperluas
pasarnya ke luar Tiongkok. Xiaomi memulai debut internasionalnya diawali
oleh negara Singapura. yang akan mengkoordinasikan semua kegiatan termasuk
peluncuran produk di wilayah tersebut di masa yang akan datang. Redmi dan
Mi 3 adalah telepon cerdas yang pertama kali dijual di Singapura masing-masing
pada tanggal 7 Maret dan 21 Februari.
Pada 7 Maret, Mi 3 habis terjual dalam waktu 2 menit
di Singapura. Setelah Singapura, Xiaomi juga masuk ke
Malaysia, Filipina, dan India. Kemudian, pada bulan-bulan berikutnya
Xiaomi juga masuk ke Indonesia, dan akan melakukan ekspansi
ke Thailand, Rusia, Turki, Brasil, dan Meksiko.
Pada tanggal 17 Maret 2014, phablet Redmi
Note (dikenal juga sebagai Hongmi Note) diumumkan oleh CEO Xiaomi Lei Jun
dengan fitur layar HD 5,5 inci berteknologi layar OGS dan memiliki
prosesor octa-core dari MediaTek. Ada dua varian
dari Redmi Note, satu dengan RAM 1GB dan penyimpanan internal 8GB; dan yang
satu lagi dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB.
Pada bulan April 2014, Awal mula dengan nama
domain Xiaomi.com dan akhirnya mengganti menjadi Mi.com yang
merupakan situs resmi Xiaomi. Xiaomi membeli domain baru dengan
nama Mi.com dengan
harga $3,6 juta AS, atau sekitar Rp. 44,5 miliar. dan menjadi nama domain
termahal yang pernah dibeli di Tiongkok, seperti yang dikatakan oleh
seorang eksekutif senior Xiaomi.
Dalam setengah tahun 2014, Xiaomi telah mengirim 15
juta perangkat atau 14% dari pangsa pasar Tiongkok dan telah mengalahkan
Samsung yang hanya mengirim kurang dari 13 juta perangkat. Pada bulan Juli
2014, Xiaomi telah menjual 57.360.000 ponsel. Pada bulan November 2014,
Xiaomi mengatakan akan menginvestasikan 1 miliar dolar AS atau sekitar 12,3
triliun rupiah untuk membangun konten televisi.
Strategi dan
Taktik pada perusahaan Xiaomi
Strategi
|
Taktik
|
1. Menjual
produknya dengan harga lebih murah dari kompetitor
|
Memangkas
harga smartphone
|
Menjual
perangkat murah tanpa mengorbankan margin laba
|
|
2.
Strategi
Hunger Marketing
|
Taktik
penjualan metode flash sales
|
Fokus pada
portofolio produk yang terbatas
|
|
3.
Membajak
karyawan Microsoft dan Google
|
Membajak
bos Google
|
4. Menciptakan
fans club serta memenuhi suara konsumen
|
Melakukan
migrasi ke perangkat lain jika terjadi penurunan penjualan dan permintaan
perangkat
|
Implementasi
Manajemen Strategi Pada Perusahaan Xiaomi
Implementasi manajemen strategi pada perusahaan Xiaomi
yaitu dengan melakukan perumusan dan penerapan strategi yang diawali dengan
pengembangan ROM MIUI yang mampu menarik para penggemarnya serta mantan Vice
President Google yang juga menjadi bos dari Android yaitu Huggo Barra.
Modifikasi MIUI yang dilakukan Xiaomi juga menjadi salah satu faktor penyebab
bergabungnya orang penting Android ini. Karena hal ini pula, Hugo Barra percaya
bahwa produk ini siap untuk bersaing secara global dengan produk Smartphone lainnya.
Selain Hugo Barra, Xiaomi juga merekrut banyak orang yang mempunyai
pengalaman bekerja di Microsoft dan Google.
Disamping itu yang membuat Xiaomi sukses adalah
pemasaran mereka. Mereka melakukannya secara online dan juga bekerja sama
dengan beberapa operator. Selain harganya murah, keunikan Xiaomi juga menjadi
salah satu daya tariknya. Hal ini tampak dari saat penjualan produk baru dari
merek Smartphone asal Cina ini. Sama seperti saat diluncurkan iPhone terbaru,
banyak penggemar ponsel Xiaomi juga rela antri berjam-jam untuk mendapatkan
ponsel ini.
Pihak Xiaomi juga melibatkan penggemar ponsel mereka
untuk pengembangan produk terbarunya. Hal ini menjadi salah satu strategi
promosi yang sangat efektif. Xiaomi juga menggunakan sistem terbuka. Sistem ini
mampu memuaskan pengguna Xiaomi dengan banyak fitur yang menyertainya. Sistem
ini juga membuat kritik, saran dan opini pengguna dapat didengar dan
dipertimbangkan untuk pengembangan produk Xiaomi terbaru. Xiaomi juga
menggunakan pendapat dari pengguna untuk peluncuran update versi ini setiap
minggunya. Hal inilah yang dipandang dapat menjadi daya tarik konsumen
asal luar negeri, yang cocok dengan Xiaomi yang dibuat untuk pasar
global.
Efektifitas Implementasi manajemen strategi pada
perusahaan Xiaomi memberikan Xiaomi memiliki daya saing yang strategis dan
dapat menghasilkan laba diatas rata-rata sehingga dapat mencapai tujuan global
perusahaan serta bersaing dengan produk Smartphone lainnya.
Bab 2 -
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Xiaomi
Diawali dari nama dari perusahaan itu sendiri yang
memiliki arti bahwa Nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin, yaitu
“beras kecil”. dan ada makna yang lebih besar dari nama Xiaomi. “Xiao”
sebagai konsep Buddha yang berarti “sebutir beras dari Buddha adalah sama
besarnya seperti gunung”, dan Xiaomi ingin bekerja dari hal-hal yang kecil,
bukan memulai dari hal-hal yang besar.Sementara “mi” merupakan singkatan
dari “Mobile Internet” dan juga “Mission Impossible” karena dalam mendirikan
Xiaomi, terdapat banyak hambatan yang terlihat mustahil untuk dihadapi pada
saat itu.
Xiaomi mempunyai Visi yaitu “menjadi perusahaan global
dengan fokus menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek” dan mempunyai
Misi “merancang, mengembangkan, menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan
elektronik”. Tujuan awal Xiaomi adalah “menyediakan fungsionalitas tambahan
yang belum ditawarkan di Android biasa serta memberikan user interface yang
mudah digunakan”.
Tujuan tersebut berkembang sesuai visi dan misi
perusahaan sehingga pada tahun 2011, Xiaomi memutuskan masuk ke pasar ponsel,
tidak hanya sebatas membuat software saja. Produk pertamanya dinamakan sebagai
Mi One, ponsel spek tinggi di masanya tapi dibanderol miring. Xiaomi rupanya
sudah konsisten dengan formula tersebut sejak awal.
Sasaran dari Xiaomi yaitu “penggemar (fans) Xiaomi dan
pengguna yang menginginkan produk berkualitas tinggi dengan banderol yang
miring” sehingga Xiaomi membuat smartphone yang diperkirakan dapat tetap
mengikuti perkembangan teknologi selama 18 bulan kedepan. Selain itu, Xiaomi
juga menjual aksesori smartphone lainnya (powerbank, earphone, dll),
perlengkapan elektronik rumah tangga (TV, kulkas, dll), penjualan aplikasi
tambahan, video online, dan tema smartphone.
Untuk jangka panjangnya, Xiaomi melihat bahwa penjualan hardware hanya
bermakna sebagai alat perantara kepada pemakai agar dapat merasakan software
dan jasa. Seperti slogan dari Xiaomi sendiri, yakni: "Kami adalah
perusahaan yang lebih fokus pada internet dan software dari pada hanya sekedar
perusahaan penjual hardware.”
Bab 3 -
Analisis Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Xiaomi
Menurut saya, Visi dan Misi Xiaomi sudah sesuai dimana
Xiaomi ingin menjadi perusahaan global dengan fokus menciptakan pengalaman
pengguna dari segala aspek serta merancang, mengembangkan, menjual telepon
cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik. Hal tersebut dibuktikan Xiaomi dimana
tak hanya mengembangkan ROM MIUI tapi Xiaomi juga membuat smartphone, aksesori
smartphone (powerbank, earphone, dll), perlengkapan elektronik rumah tangga
(TV, kulkas, dll), penjualan aplikasi tambahan, video online, dan tema
smartphone. Tujuan Xiaomi juga selalu berkembang demi mencapai visi dan misi
perusahaan serta sasaran juga sudah jelas dan sesuai dari target juga konsisten
dengan strateginya.
EmoticonEmoticon