Tugas Akhir Manajemen Strategi #1

06.30

Bab 1 - Latar Belakang Xiaomi

Asal Usul Dan Sejarah perusahaan Xiaomi
Asal mula dan sejarah perusahaan xiaomi yang lagi naik daun pada tahun 2014 lalu, dengan seri redminya, Xiomi Inc dikenal hampir ke seluruh penjuru asia bahkan dunia. Berikut sejarah perusahaan Xiomi yang dipimpin CEO yaitu Lei Jun.
Berawal dari nama Xiaomi Inc (Tionghoa: 小米科技; pinyin: Xiǎomĭ Kējì, secara harfiah “Teknologi Beras Kecil” atau “Teknologi Xiaomi”). Nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin, yaitu “beras kecil”. Pada tahun 2011, CEO Lei Jun mengatakan bahwa ada makna yang lebih besar dari nama Xiaomi. Dia menghubungkan “Xiao” sebagai konsep Buddha yang berarti “sebutir beras dari Buddha adalah sama besarnya seperti gunung”, dan mengatakan bahwa Xiaomi ingin bekerja dari hal-hal yang kecil, bukan memulai dari hal-hal yang besar. Sementara “mi” merupakan singkatan dari “Mobile Internet” dan juga “Mission Impossible” karena setelah mendirikan Xiaomi, terdapat banyak hambatan yang terlihat mustahil untuk dihadapi pada saat itu.
Xiaomi sendiri adalah perusahaan Elektronik swasta dari Tiongkok yang didirikan pada tahun 6 Juni 2010 berkantor pusat di China, Beijing yang mempunyai misi dan visi menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi tercepat & terkemuka di Cina.
Xiaomi merupakan distributor Smartphone terbesar ke-3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual Telepon cerdas, Aplikasi seluler, dan Elektronik konsumen. Xiaomi merilis smartphone pertamanya di bulan Agustus 2011. Pendiri serta CEO Xiaomi adalah Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok menurut Forbes (sebuah majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat). Dan perusahaan ini kini bernilai lebih dari $10 miliar USD dan sudah mempunyai lebih dari 3000 karyawan dari Tiongkok bahkan Malaysia, Singapura, India, Filipina dan Indonesia.
Pendiri Xiaomi Mr. Lei Jun
Founder, Chairman and CEO
Mr. Lei pernah menjadi bagian dari tim pendiri Kingsoft pada tahun 1992 dan menjadi CEO pada tahun 1998. Setahun kemudian, ia mendirikan situs layanan informasi IT dan download Joyo.com atau sekarang menjadi amazon.cn. Setelah Kingsoft berhasil ia telah menyelesaikan IPO mereka, Lei mengundurkan diri dari Kingsoft untuk jabatannya dan menjadi Vice Chairman di Kingsoft. Pada awal 2000-an, ia berinvestasi pada banyak start-up companies sukses seperti YY, UC dan Vancl sebagai angel investor (investor penyandang dana), dan pada tanggal 6 April 2010, ia mendirikan Xiaomi. Pada Juli 2011, ia kembali ke Kingsoft sebagai Chairman of the Board. Kini Lei menjabat sebagai Chairman dan CEO Xiaomi.
Sejarah Berdirinya Xiaomi :
Sejarah Xiaomi tahun 2010
Pada Agustus 2010, resmi meluncurkan firmware berbasis Android pertamanya, MIUI. Telepon cerdas pertama diumumkan pada Agustus 2011 bernama Mi 1. Mi 1 menggunakan firmware MIUI berbasis Android yang menyerupai TouchWiz dari Samsung dan iOS dari Apple.
Sejarah Xiaomi tahun 2012
Pada bulan Agustus 2012, Xiaomi mengumumkan telepon cerdasnya yang bernama Mi 2. dengan didukung oleh Snapdragon S4 Pro APQ8064 oleh Qualcomm, 1.5 GHz quad-core Krait chip, GPU Adreno 320 dan RAM 2GB.
Sejarah Xiaomi tahun 2013
Pada tanggal 5 September 2013, CEO Xiaomi secara resmi mengumumkan rencana peluncuran SmartTV berukuran 47 inci dengan kelebihannya yaitu 3D berbasis Andorid, yang akan dirakit oleh pabrik televisi Wistron Corporation di Taiwan milik Sony.
pada tanggal 24 September 2013 bahwa Mi 2 telah terjual lebih dari 10 juta dalam waktu 11 bulan. Mi 2 telah dijual untuk vendor ponsel nirkabel bernama MobiCity oleh Amerika Serikat,  Australia, Eropa, Britania Raya, dan Selandia Baru.
Pada September 2013, Xiaomi mengumumkan Smartphone Barunya  Mi 3, yang didukung oleh Prosesor Snapdragon 800 dan chipset Tegra 4 oleh NVIDIA.
Pada tanggal 25 September, Xiaomi mengumumkan rencana untuk membuka toko ritel di Beijing.[23] Pada bulan Oktober 2013, Xiaomi dilaporkan sebagai merek telepon cerdas paling banyak digunakan ke-5 di Tiongkok. Pada tahun 2013, Xiaomi telah berhasil menjual 18,7 juta telepon cerdas, dan pada pertengahan tahun 2014 sebanyak 26,1 juta telepon cerdas.
Sejarah Xiaomi tahun 2014
Pada tahun 2014, Xiaomi mengumumkan akan memperluas pasarnya ke luar Tiongkok. Xiaomi memulai debut internasionalnya diawali oleh negara Singapura. yang akan mengkoordinasikan semua kegiatan termasuk peluncuran produk di wilayah tersebut di masa yang akan datang. Redmi dan Mi 3 adalah telepon cerdas yang pertama kali dijual di Singapura masing-masing pada tanggal 7 Maret dan 21 Februari.
Pada 7 Maret, Mi 3 habis terjual dalam waktu 2 menit di Singapura. Setelah Singapura, Xiaomi juga masuk ke Malaysia, Filipina, dan India. Kemudian, pada bulan-bulan berikutnya Xiaomi juga masuk ke Indonesia, dan akan melakukan ekspansi ke Thailand, Rusia, Turki, Brasil, dan Meksiko.
Pada tanggal 17 Maret 2014, phablet Redmi Note (dikenal juga sebagai Hongmi Note) diumumkan oleh CEO Xiaomi Lei Jun dengan fitur layar HD 5,5 inci berteknologi layar OGS dan memiliki prosesor octa-core dari MediaTek. Ada dua varian dari Redmi Note, satu dengan RAM 1GB dan penyimpanan internal 8GB; dan yang satu lagi dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB.
Pada bulan April 2014, Awal mula dengan nama domain  Xiaomi.com dan akhirnya mengganti menjadi Mi.com  yang merupakan situs resmi Xiaomi. Xiaomi membeli domain baru dengan nama Mi.com dengan harga $3,6 juta AS, atau sekitar Rp. 44,5 miliar. dan menjadi nama domain termahal yang pernah dibeli di Tiongkok, seperti yang dikatakan oleh seorang eksekutif senior Xiaomi.
Dalam setengah tahun 2014, Xiaomi telah mengirim 15 juta perangkat atau 14% dari pangsa pasar Tiongkok dan telah mengalahkan Samsung yang hanya mengirim kurang dari 13 juta perangkat. Pada bulan Juli 2014, Xiaomi telah menjual 57.360.000 ponsel. Pada bulan November 2014, Xiaomi mengatakan akan menginvestasikan 1 miliar dolar AS atau sekitar 12,3 triliun rupiah untuk membangun konten televisi.
Strategi dan Taktik pada perusahaan Xiaomi
Strategi
Taktik
1.  Menjual produknya dengan harga lebih murah dari kompetitor
Memangkas harga smartphone
Menjual perangkat murah tanpa mengorbankan margin laba
2.      Strategi Hunger Marketing
Taktik penjualan metode flash sales
Fokus pada portofolio produk yang terbatas
3.     Membajak karyawan Microsoft dan Google
Membajak bos Google
4.  Menciptakan fans club serta memenuhi suara konsumen
Melakukan migrasi ke perangkat lain jika terjadi penurunan penjualan dan permintaan perangkat

Implementasi Manajemen Strategi Pada Perusahaan Xiaomi
Implementasi manajemen strategi pada perusahaan Xiaomi yaitu dengan melakukan perumusan dan penerapan strategi yang diawali dengan pengembangan ROM MIUI yang mampu menarik para penggemarnya serta mantan Vice President Google yang juga menjadi bos dari Android yaitu Huggo Barra. Modifikasi MIUI yang dilakukan Xiaomi juga menjadi salah satu faktor penyebab bergabungnya orang penting Android ini. Karena hal ini pula, Hugo Barra percaya bahwa produk ini siap untuk bersaing secara global dengan produk Smartphone lainnya. Selain Hugo Barra, Xiaomi juga merekrut banyak orang yang mempunyai pengalaman bekerja di Microsoft dan Google.
Disamping itu yang membuat Xiaomi sukses adalah pemasaran mereka. Mereka melakukannya secara online dan juga bekerja sama dengan beberapa operator. Selain harganya murah, keunikan Xiaomi juga menjadi salah satu daya tariknya. Hal ini tampak dari saat penjualan produk baru dari merek Smartphone asal Cina ini. Sama seperti saat diluncurkan iPhone terbaru, banyak penggemar ponsel Xiaomi juga rela antri berjam-jam untuk mendapatkan ponsel ini.
Pihak Xiaomi juga melibatkan penggemar ponsel mereka untuk pengembangan produk terbarunya. Hal ini menjadi salah satu strategi promosi yang sangat efektif. Xiaomi juga menggunakan sistem terbuka. Sistem ini mampu memuaskan pengguna Xiaomi dengan banyak fitur yang menyertainya. Sistem ini juga membuat kritik, saran dan opini pengguna dapat didengar dan dipertimbangkan untuk pengembangan produk Xiaomi terbaru. Xiaomi juga menggunakan pendapat dari pengguna untuk peluncuran update versi ini setiap minggunya. Hal inilah yang dipandang dapat menjadi daya tarik konsumen asal luar negeri, yang cocok dengan Xiaomi yang dibuat untuk pasar global.
Efektifitas Implementasi manajemen strategi pada perusahaan Xiaomi memberikan Xiaomi memiliki daya saing yang strategis dan dapat menghasilkan laba diatas rata-rata sehingga dapat mencapai tujuan global perusahaan serta bersaing dengan produk Smartphone lainnya.

Bab 2 - Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Xiaomi
Diawali dari nama dari perusahaan itu sendiri yang memiliki arti bahwa Nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin, yaitu “beras kecil”. dan ada makna yang lebih besar dari nama Xiaomi. “Xiao” sebagai konsep Buddha yang berarti “sebutir beras dari Buddha adalah sama besarnya seperti gunung”, dan Xiaomi ingin bekerja dari hal-hal yang kecil, bukan memulai dari hal-hal yang besar.Sementara “mi” merupakan singkatan dari “Mobile Internet” dan juga “Mission Impossible” karena dalam mendirikan Xiaomi, terdapat banyak hambatan yang terlihat mustahil untuk dihadapi pada saat itu.
Xiaomi mempunyai Visi yaitu “menjadi perusahaan global dengan fokus menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek” dan mempunyai Misi “merancang, mengembangkan, menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik”. Tujuan awal Xiaomi adalah “menyediakan fungsionalitas tambahan yang belum ditawarkan di Android biasa serta memberikan user interface yang mudah digunakan”.
Tujuan tersebut berkembang sesuai visi dan misi perusahaan sehingga pada tahun 2011, Xiaomi memutuskan masuk ke pasar ponsel, tidak hanya sebatas membuat software saja. Produk pertamanya dinamakan sebagai Mi One, ponsel spek tinggi di masanya tapi dibanderol miring. Xiaomi rupanya sudah konsisten dengan formula tersebut sejak awal.
Sasaran dari Xiaomi yaitu “penggemar (fans) Xiaomi dan pengguna yang menginginkan produk berkualitas tinggi dengan banderol yang miring” sehingga Xiaomi membuat smartphone yang diperkirakan dapat tetap mengikuti perkembangan teknologi selama 18 bulan kedepan. Selain itu, Xiaomi juga menjual aksesori smartphone lainnya (powerbank, earphone, dll), perlengkapan elektronik rumah tangga (TV, kulkas, dll), penjualan aplikasi tambahan, video online, dan tema smartphone.
Untuk jangka panjangnya, Xiaomi  melihat bahwa penjualan hardware hanya bermakna sebagai alat perantara kepada pemakai agar dapat merasakan software dan jasa. Seperti slogan dari Xiaomi sendiri, yakni: "Kami adalah perusahaan yang lebih fokus pada internet dan software dari pada hanya sekedar perusahaan penjual hardware.”
 
Bab 3 - Analisis Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Xiaomi
Menurut saya, Visi dan Misi Xiaomi sudah sesuai dimana Xiaomi ingin menjadi perusahaan global dengan fokus menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek serta merancang, mengembangkan, menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik. Hal tersebut dibuktikan Xiaomi dimana tak hanya mengembangkan ROM MIUI tapi Xiaomi juga membuat smartphone, aksesori smartphone (powerbank, earphone, dll), perlengkapan elektronik rumah tangga (TV, kulkas, dll), penjualan aplikasi tambahan, video online, dan tema smartphone. Tujuan Xiaomi juga selalu berkembang demi mencapai visi dan misi perusahaan serta sasaran juga sudah jelas dan sesuai dari target juga konsisten dengan strateginya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »