Evaluasi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Perusahaan Xiaomi

05.43


Kasus di internet tentang proses perusahaan dalam menyusun visi, misi, tujuan dan sasaran

Berawal dari nama Xiaomi Inc (Tionghoa: 小米科技; pinyin: Xiǎomĭ Kējì, secara harfiah “Teknologi Beras Kecil” atau “Teknologi Xiaomi”). Nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin, yaitu “beras kecil”. Pada tahun 2011, CEO Lei Jun mengatakan bahwa ada makna yang lebih besar dari nama Xiaomi. Dia menghubungkan “Xiao” sebagai konsep Buddha yang berarti “sebutir beras dari Buddha adalah sama besarnya seperti gunung”, dan mengatakan bahwa Xiaomi ingin bekerja dari hal-hal yang kecil, bukan memulai dari hal-hal yang besar.Sementara “mi” merupakan singkatan dari “Mobile Internet” dan juga “Mission Impossible” karena setelah mendirikan Xiaomi, terdapat banyak hambatan yang terlihat mustahil untuk dihadapi pada saat itu.

Xiomi sendiri adalah perusahaan Elektronik swasta dari Tiongkok yang didirikan pada tahun 6 Juni 2010 berkantor pusat di China, Baijing yang mempunyai misi dan visi menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi tercepat & terkemuka di Cina.

Xiaomi merupakan distributor Smartphone terbesar ke-3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual Telepon cerdas, Aplikasi seluler, dan Elektronik konsumen. xiomi merilis smartphone pertamanya di bulan Agustus 2011. Pendiri serta CEO Xiaomi adalah Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke-23 di Tiongkok menurut Forbes (sebuah majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat). Dan perusahaan ini kini bernilai lebih dari $10 miliar USD dan sudah mempunyai lebih dari 3000 karyawan dari Tiongkok bahkan Malaysia,Singapura, India, Filipina dan Indonesia.

Sejarah Xiaomi tahun 2010

Pada Agustus 2010 resmi meluncurkan firmware berbasis Android pertamanya, MIUI. Telepon cerdas pertama diumumkan pada Agustus 2011 bernama Mi 1. Mi 1 menggunakan firmware MIUI berbasis Android yang menyerupai TouchWiz dari Samsung dan iOS dari Apple.

Sejarah Xiaomi tahun 2012

Pada bulan Agustus 2012, Xiaomi mengumumkan telepon cerdasnya yang bernama Mi 2. dengan didukung oleh Snapdragon S4 Pro APQ8064 oleh Qualcomm, 1.5 GHz quad-core Krait chip, GPU Adreno 320 dan RAM 2GB.

Sejarah Xiaomi tahun 2013

Pada tanggal 5 September 2013, CEO Xiaomi secara resmi mengumumkan rencana peluncuran SmartTV berukuran 47 inci dengan kelebihannya yaitu 3D berbasis Andorid, yang akan dirakit oleh pabrik televisi Wistron Corporation di Taiwan milik Sony.
pada tanggal 24 September 2013 bahwa Mi 2 telah terjual lebih dari 10 juta dalam waktu 11 bulan. Mi 2 telah dijual untuk vendor ponsel nirkabel bernama MobiCity oleh Amerika Serikat,  Australia, Eropa, Britania Raya, dan Selandia Baru.
Pada September 2013, Xiaomi mengumumkan Smartphone Barunya  Mi 3, yang didukung oleh Prosesor Snapdragon 800 dan chipset Tegra 4 oleh NVIDIA.
Pada tanggal 25 September, Xiaomi mengumumkan rencana untuk membuka toko ritel di Beijing. Pada bulan Oktober 2013, Xiaomi dilaporkan sebagai merek telepon cerdas paling banyak digunakan ke-5 di Tiongkok. Pada tahun 2013, Xiaomi telah berhasil menjual 18,7 juta telepon cerdas, dan pada pertengahan tahun 2014 sebanyak 26,1 juta telepon cerdas.

Sejarah Xiaomi tahun 2014

Pada tahun 2014, Xiaomi mengumumkan akan memperluas pasarnya ke luar Tiongkok. Xiaomi memulai debut internasionalnya diawali oleh negara Singapura. yang akan mengkoordinasikan semua kegiatan termasuk peluncuran produk di wilayah tersebut di masa yang akan datang. Redmi dan Mi 3 adalah telepon cerdas yang pertama kali dijual di Singapura masing-masing pada tanggal 7 Maret dan 21 Februari.
Pada 7 Maret, Mi 3 habis terjual dalam waktu 2 menit di Singapura. Setelah Singapura, Xiaomi juga masuk ke Malaysia, Filipina, dan India. Kemudian, pada bulan-bulan berikutnya Xiaomi juga masuk ke Indonesia, dan akan melakukan ekspansi ke Thailand, Rusia, Turki, Brasil, dan Meksiko.
Pada tanggal 17 Maret 2014, phablet Redmi Note (dikenal juga sebagai Hongmi Note) diumumkan oleh CEO Xiaomi Lei Jun dengan fitur layar HD 5,5 inci berteknologi layar OGS dan memiliki prosesor octa-core dari MediaTek. Ada dua varian dari Redmi Note, satu dengan RAM 1GB dan penyimpanan internal 8GB; dan yang satu lagi dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB.
Pada bulan April 2014, Awal mula dengan nama domain  Xiaomi.com dan akhirnya mengganti menjadi Mi.com  yang merupakan situs resmi Xiaomi. Xiaomi membeli domain baru dengan nama Mi.com dengan harga $3,6 juta AS, atau sekitar Rp. 44,5 miliar. dan menjadi nama domain termahal yang pernah dibeli di Tiongkok, seperti yang dikatakan oleh seorang eksekutif senior Xiaomi.
Dalam setengah tahun 2014, Xiaomi telah mengirim 15 juta perangkat atau 14% dari pangsa pasar Tiongkok dan telah mengalahkan Samsung yang hanya mengirim kurang dari 13 juta perangkat. Pada bulan Juli 2014, Xiaomi telah menjual 57.360.000 ponsel. Pada bulan November 2014, Xiaomi mengatakan akan menginvestasikan 1 miliar dolar AS atau sekitar 12,3 triliun rupiah untuk membangun konten televisi.

Sumber : http://bercacakra.co.id/news/asal-usul-dan-sejarah-perusahaan-xiaomi-pengusaha-lei-jun.html

Efektifitas Implementasi dalam Manajemen Strategi

Dari kasus diatas manajemen strategi perusahaan xiaomi terlihat dari proses penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran perusahaan. Diawali dari nama dari perusahaan itu sendiri yang memiliki arti bahwa Nama Xiaomi sendiri berasal dari Bahasa Mandarin, yaitu “beras kecil”. dan ada makna yang lebih besar dari nama Xiaomi. “Xiao” sebagai konsep Buddha yang berarti “sebutir beras dari Buddha adalah sama besarnya seperti gunung”, dan Xiaomi ingin bekerja dari hal-hal yang kecil, bukan memulai dari hal-hal yang besar.Sementara “mi” merupakan singkatan dari “Mobile Internet” dan juga “Mission Impossible” karena dalam mendirikan Xiaomi, terdapat banyak hambatan yang terlihat mustahil untuk dihadapi pada saat itu.

Xiaomi mempunyai visi yaitu menjadi perusahaan global dengan fokus menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek dan mempunyai misi merancang, mengembangkan, menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik. Tujuan awal Xiaomi adalah menyediakan fungsionalitas tambahan yang belum ditawarkan di Android biasa serta memberikan user interface yang mudah digunakan. Tujuan tersebut berkembang sesuai visi dan misi perusahaan sehingga pada tahun 2011, Xiaomi memutuskan masuk ke pasar ponsel, tidak hanya sebatas membuat software saja. Produk pertamanya dinamakan sebagai Mi One, ponsel spek tinggi di masanya tapi dibanderol miring. Xiaomi rupanya sudah konsisten dengan formula tersebut sejak awal. Sasaran dari Xiaomi yaitu penggemar (fans) Xiaomi dan pengguna yang menginginkan produk berkualitas tinggi dengan banderol yang miring sehingga Xiaomi membuat smartphone yang diperkirakan dapat tetap mengikuti perkembangan teknologi selama 18 bulan kedepan. Selain itu, Xiaomi juga menjual aksesori smartphone lainnya (powerbank, earphone, dll), perlengkapan elektronik rumah tangga (TV, kulkas, dll), penjualan aplikasi tambahan, video online, dan tema smartphone. Untuk jangka panjangnya, Xiaomi  melihat bahwa penjualan hardware hanya bermakna sebagai alat perantara kepada pemakai agar dapat merasakan software dan jasa. Seperti slogan dari Xiaomi sendiri, yakni: "Kami adalah perusahaan yang lebih fokus pada internet dan software dari pada hanya sekedar perusahaan penjual hardware.”

Evaluasi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Perusahaan Xiaomi

Menurut saya berdasarkan kasus diatas, Visi dan Misi Xiaomi sudah sesuai dimana Xiaomi ingin menjadi perusahaan global dengan fokus menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek serta merancang, mengembangkan, menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik. Hal tersebut dibuktikan Xiaomi dimana tak hanya mengembangkan ROM MIUI tapi Xiaomi juga membuat smartphone, aksesori smartphone (powerbank, earphone, dll), perlengkapan elektronik rumah tangga (TV, kulkas, dll), penjualan aplikasi tambahan, video online, dan tema smartphone. Tujuan Xiaomi juga selalu berkembang demi mencapai visi dan misi perusahaan serta sasaran juga sudah jelas dan sesuai dari target juga konsisten dengan strateginya.

Penulis : Muhammad Syaifuddin/ 01113051/ Fakultas Akuntansi Universitas Narotama

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
8 Januari 2017 pukul 18.38 delete

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis

Reply
avatar

EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng