Kasus di internet tentang proses perusahaan
Xiaomi dalam menyusun strategi
Xiaomi merupakan merek Smartphone baru. Meskipun
pendatang baru, merek ini berhasil masuk 5 besar merek dengan penjualan
Smartphone terbanyak di dunia. Xiaomi menempati posisi dibawah Samsung, Apple,
Huawei dan Lenovo. Berdasarkan data Strategy Analytics, Xiaomi berhasil menjual
15,1 juta produknya pada kuartal kedua tahun 2014, dengan market share sebesar
5%.
Satu hal yang membuat Xiaomi sukses adalah pemasaran
mereka. Mereka melakukannya secara online dan juga bekerja sama dengan beberapa
operator. Selain harganya murah, keunikan Xiaomi juga menjadi salah satu daya
tariknya. Hal ini tampak dari saat penjualan produk baru dari
merek Smartphone asal Cina ini. Sama seperti saat diluncurkan iPhone terbaru,
banyak penggemar ponsel Xiaomi juga rela antri berjam-jam untuk mendapatkan
ponsel ini. Bahkan, hampir terjadi kerusuhan saat ratusan orang berusaha masuk
ke dalam ruangan tempat peluncuran ponsel terbaru dari Xiaomi. Hal ini membuat
penjaga keamanan terpaksa menutup akses masuk yang menyebabkan beberapa
jurnalis yang ingin meliput juga tertahan di luar.
Harga yang murah menjadi salah satu daya tarik Xiaomi.
Namun, dibalik ponsel murah ini, terdapat sosok-sosok penting yang sudah
mempunyai banyak pengalaman di industri ini. Salah satunya adalah Hugo Barra. Hugo Barra adalah mantan Vice President Google yang
juga menjadi bos dari Android. Xiaomi berhasil menarik perhatiannya dengan Rom
yang dibuat merek ini. Modifikasi MIUI yang dilakukan Xiaomi juga menjadi salah
satu faktor penyebab bergabungnya orang penting Android ini. Karena hal ini
pula, Hugo Barra percaya bahwa produk ini siap untuk bersaing secara global
dengan produk Smartphone lainnya. Selain Hugo Barra, Xiaomi juga merekrut
banyak orang yang mempunyai pengalaman bekerja di Microsoft dan Google. Hal ini
menunjukkan bahwa Xiaomi memang dibuat untuk pasar global. CEO Xiaomi Jun Lei mengungkapkan bergabungnya Barra
akan dapat membantu pengembangan MIUI Xiaomi menjadi lebih baik. Hal ini akan
menjadi faktor utama untuk meraih tujuan global dari perusahaan ini.
Pihak Xiaomi juga melibatkan penggemar ponsel mereka
untuk pengembangan produk terbarunya. Hal ini menjadi salah satu strategi
promosi yang sangat efektif. Xiaomi juga menggunakan sistem terbuka. Sistem ini
mampu memuaskan pengguna Xiaomi dengan banyak fitur yang menyertainya. Sistem
ini juga membuat kritik, saran dan opini pengguna dapat didengar dan
dipertimbangkan untuk pengembangan produk Xiaomi terbaru. Digunakannya pendapat dari pengguna juga tampak dari
pengembangan MIUI yang terbaru, yaitu versi 5. Menurut Barra versi ini
merupakan salah satu yang terbaik. Xiaomi juga menggunakan pendapat dari
pengguna untuk peluncuran update versi ini setiap minggunya. Hal inilah
yang dipandang dapat menjadi daya tarik konsumen asal luar negeri, yang cocok
dengan Xiaomi yang dibuat untuk pasar global.
Sumber : http://www.teropongbisnis.com/teropong-ekonomi/xiaomi-penantang-dunia-dari-cina/
Efektifitas Implementasi Manajemen
Strategi Pada Perusahaan Xiaomi
Dari kasus diatas, implementasi manajemen
strategi pada perusahaan Xiaomi yaitu dengan melakukan perumusan dan penerapan
strategi yang diawali dengan pengembangan ROM MIUI yang mampu menarik para penggemarnya
serta mantan Vice
President Google yang juga menjadi bos dari Android yaitu Huggo Barra. Modifikasi
MIUI yang dilakukan Xiaomi juga menjadi salah satu faktor penyebab bergabungnya
orang penting Android ini. Karena hal ini pula, Hugo Barra percaya bahwa produk
ini siap untuk bersaing secara global dengan produk Smartphone lainnya. Selain
Hugo Barra, Xiaomi juga merekrut banyak orang yang mempunyai
pengalaman bekerja di Microsoft dan Google.
Disamping itu yang membuat Xiaomi sukses adalah
pemasaran mereka. Mereka melakukannya secara online dan juga bekerja sama
dengan beberapa operator. Selain harganya murah, keunikan Xiaomi juga menjadi
salah satu daya tariknya. Hal ini tampak dari saat penjualan produk baru dari
merek Smartphone asal Cina ini. Sama seperti saat diluncurkan iPhone terbaru,
banyak penggemar ponsel Xiaomi juga rela antri berjam-jam untuk mendapatkan
ponsel ini.
Pihak Xiaomi juga melibatkan penggemar ponsel mereka
untuk pengembangan produk terbarunya. Hal ini menjadi salah satu strategi
promosi yang sangat efektif. Xiaomi juga menggunakan sistem terbuka. Sistem ini
mampu memuaskan pengguna Xiaomi dengan banyak fitur yang menyertainya. Sistem
ini juga membuat kritik, saran dan opini pengguna dapat didengar dan
dipertimbangkan untuk pengembangan produk Xiaomi terbaru. Xiaomi juga
menggunakan pendapat dari pengguna untuk peluncuran update versi ini setiap
minggunya. Hal inilah yang dipandang dapat menjadi daya tarik konsumen
asal luar negeri, yang cocok dengan Xiaomi yang dibuat untuk pasar
global.
Efektifitas Implementasi manajemen strategi pada
perusahaan Xiaomi memberikan Xiaomi memiliki daya saing yang strategis dan
dapat menghasilkan laba diatas rata-rata sehingga dapat mencapai tujuan global
perusahaan serta bersaing dengan produk Smartphone lainnya.
Penulis : Muhammad
Syaifuddin/ 01113051/ Fakultas Akuntansi Universitas Narotama.
EmoticonEmoticon