Proses Perusahaan Dalam Menyusun Strategi

01.10

Kasus di internet tentang proses perusahaan Xiaomi dalam menyusun strategi

Xiaomi merupakan merek Smartphone baru. Meskipun pendatang baru, merek ini berhasil masuk 5 besar merek dengan penjualan Smartphone terbanyak di dunia. Xiaomi menempati posisi dibawah Samsung, Apple, Huawei dan Lenovo. Berdasarkan data Strategy Analytics, Xiaomi berhasil menjual 15,1 juta produknya pada kuartal kedua tahun 2014, dengan market share sebesar 5%.

Satu hal yang membuat Xiaomi sukses adalah pemasaran mereka. Mereka melakukannya secara online dan juga bekerja sama dengan beberapa operator. Selain harganya murah, keunikan Xiaomi juga menjadi salah satu daya tariknya. Hal ini tampak dari saat penjualan produk baru dari merek Smartphone asal Cina ini. Sama seperti saat diluncurkan iPhone terbaru, banyak penggemar ponsel Xiaomi juga rela antri berjam-jam untuk mendapatkan ponsel ini. Bahkan, hampir terjadi kerusuhan saat ratusan orang berusaha masuk ke dalam ruangan tempat peluncuran ponsel terbaru dari Xiaomi. Hal ini membuat penjaga keamanan terpaksa menutup akses masuk yang menyebabkan beberapa jurnalis yang ingin meliput juga tertahan di luar.

Harga yang murah menjadi salah satu daya tarik Xiaomi. Namun, dibalik ponsel murah ini, terdapat sosok-sosok penting yang sudah mempunyai banyak pengalaman di industri ini. Salah satunya adalah Hugo Barra. Hugo Barra adalah mantan Vice President Google yang juga menjadi bos dari Android. Xiaomi berhasil menarik perhatiannya dengan Rom yang dibuat merek ini. Modifikasi MIUI yang dilakukan Xiaomi juga menjadi salah satu faktor penyebab bergabungnya orang penting Android ini. Karena hal ini pula, Hugo Barra percaya bahwa produk ini siap untuk bersaing secara global dengan produk Smartphone lainnya. Selain Hugo Barra, Xiaomi juga merekrut banyak orang yang mempunyai pengalaman bekerja di Microsoft dan Google. Hal ini menunjukkan bahwa Xiaomi memang dibuat untuk pasar global. CEO Xiaomi Jun Lei mengungkapkan bergabungnya Barra akan dapat membantu pengembangan MIUI Xiaomi menjadi lebih baik. Hal ini akan menjadi faktor utama untuk meraih tujuan global dari perusahaan ini.

Pihak Xiaomi juga melibatkan penggemar ponsel mereka untuk pengembangan produk terbarunya. Hal ini menjadi salah satu strategi promosi yang sangat efektif. Xiaomi juga menggunakan sistem terbuka. Sistem ini mampu memuaskan pengguna Xiaomi dengan banyak fitur yang menyertainya. Sistem ini juga membuat kritik, saran dan opini pengguna dapat didengar dan dipertimbangkan untuk pengembangan produk Xiaomi terbaru. Digunakannya pendapat dari pengguna juga tampak dari pengembangan MIUI yang terbaru, yaitu versi 5. Menurut Barra versi ini merupakan salah satu yang terbaik. Xiaomi juga menggunakan pendapat dari pengguna untuk peluncuran update versi ini setiap minggunya. Hal inilah yang dipandang dapat menjadi daya tarik konsumen asal luar negeri, yang cocok dengan Xiaomi yang dibuat untuk pasar global.

Sumber : http://www.teropongbisnis.com/teropong-ekonomi/xiaomi-penantang-dunia-dari-cina/

Efektifitas Implementasi Manajemen Strategi Pada Perusahaan Xiaomi

Dari kasus diatas, implementasi manajemen strategi pada perusahaan Xiaomi yaitu dengan melakukan perumusan dan penerapan strategi yang diawali dengan pengembangan ROM MIUI yang mampu menarik para penggemarnya serta mantan Vice President Google yang juga menjadi bos dari Android yaitu Huggo Barra. Modifikasi MIUI yang dilakukan Xiaomi juga menjadi salah satu faktor penyebab bergabungnya orang penting Android ini. Karena hal ini pula, Hugo Barra percaya bahwa produk ini siap untuk bersaing secara global dengan produk Smartphone lainnya. Selain Hugo Barra, Xiaomi juga merekrut banyak orang yang mempunyai pengalaman bekerja di Microsoft dan Google.

Disamping itu yang membuat Xiaomi sukses adalah pemasaran mereka. Mereka melakukannya secara online dan juga bekerja sama dengan beberapa operator. Selain harganya murah, keunikan Xiaomi juga menjadi salah satu daya tariknya. Hal ini tampak dari saat penjualan produk baru dari merek Smartphone asal Cina ini. Sama seperti saat diluncurkan iPhone terbaru, banyak penggemar ponsel Xiaomi juga rela antri berjam-jam untuk mendapatkan ponsel ini.

Pihak Xiaomi juga melibatkan penggemar ponsel mereka untuk pengembangan produk terbarunya. Hal ini menjadi salah satu strategi promosi yang sangat efektif. Xiaomi juga menggunakan sistem terbuka. Sistem ini mampu memuaskan pengguna Xiaomi dengan banyak fitur yang menyertainya. Sistem ini juga membuat kritik, saran dan opini pengguna dapat didengar dan dipertimbangkan untuk pengembangan produk Xiaomi terbaru. Xiaomi juga menggunakan pendapat dari pengguna untuk peluncuran update versi ini setiap minggunya. Hal inilah yang dipandang dapat menjadi daya tarik konsumen asal luar negeri, yang cocok dengan Xiaomi yang dibuat untuk pasar global.

Efektifitas Implementasi manajemen strategi pada perusahaan Xiaomi memberikan Xiaomi memiliki daya saing yang strategis dan dapat menghasilkan laba diatas rata-rata sehingga dapat mencapai tujuan global perusahaan serta bersaing dengan produk Smartphone lainnya.

Penulis : Muhammad Syaifuddin/ 01113051/ Fakultas Akuntansi Universitas Narotama.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »