Bab 10 -
Variasi Strategi Xiaomi
Strategi
Manajer perusahaan dan kaitannya dg Kuadran I :
Pada kuadran I ( SO Strategi ) strategi umum yang
dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk
mengambil setiap keunggulan pada kesempatan
Pengembangan Produk (Product Development)
Meningkatkan penjualan dengan cara
memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada.
Strategi yang digunakan :
- Peluncuran produk baru yaitu “Xiaomi Redmi 3 dan Xiaomi Note 3”
- “Xiaomi Note 3” di klaim merupakan flagship killer, dengan spesifikasi hardware yang setara Samsung Galaxy Note 5 namun dengan harga jual yang diberikan 3 kali lebih murah dibanding produk pesaing.
- “Xiaomi Redmi 3” diklaim menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan customer. Dengan spesifikasi hardware yang tinggi, konektifitas yang lengkap dan jaminan update software produk diberikan dengan harga yang cukup murah dibanding pesaing.
Ø Kaitannya dengan Kuadran (SO Strategi) :
Pengembangan
software smartphone yang kurang ditangkap dengan produksi hardware yang
memiliki spesifikasi tinggi agar dapat mengikuti perkembangan software di implementasikan dengan dua portofolio baru dari Xiaomi yang memiliki spesifikasi lebih dibanding produk pesaing seperti Xiaomi Redmi 3 dan Xiaomi Note 3
Strategi
Manajer perusahaan dan kaitannya dg Kuadran II :
Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat
membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan
dengan menghindari kelemahan.
Penetrasi Pasar (Market Penetration)
Meningkatkan pangsa pasar yang ada
untuk produk tertentu melalui usaha pemasaran secara besar-besaran.
Strategi yang digunakan :
a. Forum Mi.com dan Mi fans page pada facebook, merupakan media online resmi dari Xiaomi untuk menjawab keinginan dan
keluhan fans Xiaomi serta sebagai media promosi produk baru dari Xiaomi.
b. ROM MIUI merupakan ROM customisasi dari ROM
original android. Dengan User Interface pada MIUI yang user friendly dan
perbaikan bug yang dilakukan secara berkala melalui update firmware menjadi
potensi pasar dalam meningkatkan jumlah serta kepuasan dari fans Xiaomi.
Keseriusan Xiaomi terhadap menjawab kritik dan saran dari fans Xiaomi
menjadikannya mendukung penuh Xiaomi dalam pengembangannya.
c. Menggunakan berbagai e-commerence dalam menjual
produknya seperti amazon, lazada, bukalapak.com, blibli.com, dll. Sehingga
memudahkan customer untuk mendapatkan produk xiaomi yang masih belum beredar
resmi di pasaran.
Ø Kaitannya dengan
Kuadran II (WO Strategi) :
Membuka
layanan service center produk di berbagai tempat yang strategis sehingga dapat
mengurangi keluhan customer dan menciptakan trust terhadap brand perusahaan di
implementasikan dengan kerjasama Xiaomi dengan distributor lokal dalam
menangani service center produk.
Strategi
Manajer perusahaan dan kaitannya dg Kuadran III :
Pada kuadran III ( S T Strategi ) menjadikan setiap
kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk
menciptakan peluang
Diversifikasi Konglomerat
Menambah produk-produk baru yang
tidak saling berhubungan untuk pasar yang berbeda.
Strategi yang digunakan :
a. Xiaomi memproduksi Smartphone juga merambah ke
Powerbank, Smartband, Speaker, dll.
b. Selain di pasar smartphone, Xiaomi merambah juga di
kamera dengan memproduksi Action Camera dengan portofolio Yi Camera dan 4K
Camera serta aksesoris dari portofolio Action Camera tersebut.
- Kaitannya dengan Kuadran III (ST Strategi)
Menambah
portofolio produk di segmentasi pasar yang berbeda. Hal tersebut bisa dilihat
dimana Xiaomi tak hanya berada di pasar smartphone namun juga memproduksi
“powerbank, smartband, speaker” serta ke kamera dengan portofolio produknya
yaitu “Yi Camera dan 4K Camera.”
Strategi
Manajer perusahaan dan kaitannya dg Kuadran IV :
Pada kuadran IV ( W T Strategi ) Meminimumkan segala
kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman
Integrasi ke depan (Forward Integration)
Mendapatkan kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas
penjalur atau penjual eceran
Strategi yang digunakan :
a. Distribusi produk di pasar fisik melalui
distributor lokal.
b. Menjalin kerjasama dengan distributor lokal untuk
memberikan layanan service center produk.
- Kaitannya dengan kuadran IV (WT Strategi) :
Menjalin kerjasama dengan
distributor dalam menambah dan meningkatkan layanan service center produk di
implementasikan Xiaomi dalam melakukan distribusi penjualan di pasar fisik
serta membuka layanan service center di berbagai
tempat yang strategis sehingga dapat mengurangi keluhan customer.
Bab 11 -
Strategi Bisnis Unit Xiaomi
Strategi
Generik M. Porter
Strategi Keunggulan Biaya
Strategi
keunggulan biaya adalah strategi yang lebih memperhitungkan para pesaing
daripada pelanggan. Perusahaan memfokuskan pada harga jual yang murah pada
pembeli.
Strategi
keunggulan biaya ini dipilih karena :
Xiaomi memiliki ketrampilan dan sumberdaya umum sebagai berikut :
a.
Xiaomi
memiliki supervisi tenaga kerja yang
ketat
Xiaomi memiliki jam kerja hampir mirip dengan jam
kerja karyawan Apple. Perbedaannya Xiaomi yang masih bertoleransi dengan
kesenggangan di akhir pekan sedangkan di Apple akhir pekan justru menjadi waktu
yang sangat sibuk.
Jam kerja standar karyawan Xiaomi adalah 12 jam, masuk
pada pukul 09.30 pagi dan pulang di pukul 21.30 malam. Itu adalah jam kerja
standar perusahaan ditambah 1 jam untuk istirahat makan siang. Namun umumnya
akan masih terlihat banyak karyawan yang berada di kantor hingga pukul 11
malam. Bahkan 80% di antaranya masih akan terus bertahan di kantor hingga larut
malam mengerjakan sesuatu yang mereka rasa penting.
b.
Produk di desain untuk kemudahan dalam produksi
Reference
Design atau Basic Design adalah skema desain untuk smartphone yang disediakan oleh pembuat chip untuk para
produsen smartphone. Desain tersebut merincikan
detil-detil seperti pembuat komponen serta nomer seri modelnya. Hal ini
memungkinkan produsen yang tidak memiliki kecakapan teknologi untuk
mengembangkan smartphone dari nol. Namun dengan adanya desain
ini membuat tingginya kemungkinan smartphone yang beredar memiliki kerangka
desain yang identik.
Dari awal Xiaomi telah menggunakan Reference Design untuk meminimalisir waktu pengembangan (berpengaruh kepada jumlah staf yang
berujung kepada pengurangan biaya). Contohnya pada flagship teranyarnya
Mi3. Sebuah proses pembongkaran (teardown) terhadap Mi3 dilakukan untuk
membuktikan teori tersebut.
c.
Sistem distribusi dengan biaya rendah
Metode penjualan Xiaomi melalui pemesanan online. Sejauh ini pula, metode tersebut
berhasil dan bahkan cukup sukses ketika diterapkan di negara lain seperti
Singapura dan Malaysia. Metode penjualan online tersebut
membuat Xiaomi tidak perlu membuka toko di kota-kota besar negara tujuan yang
tentunya akan sangat membebani biaya operasional (biaya membangun, sewa tempat,
upah tenaga kerja, dan lainnya)
VALUE CHAIN UNTUK COST LEADERSHIP
Biaya
perunit terdiri dari beberapa biaya yg dihasilkan oleh beberapa aktivitas yg
berbeda. setiap aktivitas memiliki struktur biaya yg terpisah dan dipengaruhi
oleh faktor-faktor penentu biaya (cost driver). analisa rantai nilai berguna
sebagai kerangka kerja untuk memilah/ memecah perusahaan kedalam
aktivitas-aktivitas yang bertujuan
untuk mengidentifikasi :
ü Besar kecilnya pengaruh biaya suatu aktivitas terhadap total biaya,
ü Penentu-penentu biaya dalam setiap aktivitas dan mengapa perusahaan dapat
efisien dan efektif dalam aktivitasnya.
ü Bagaimana biaya-biaya dalam suatu aktivitas mempengaruhi biaya aktivitas
lainnya.
ü Aktivitas mana saja yg perlu dilakukan sendiri oleh perusahaan dan mana yg
diserahkan ke pihak luar (outsourching)
Tahapan dalam melakukan Analisa Rantai Nilai :
1. Memecah unit bisnis perusahaan menjadi beberapa unit aktivitas. pembagian
ini dapat dilakukan dengan beberapa
pertimbangan yaitu
- Xiaomi
melakukan pemisahan suatu aktivitas dengan
aktivitas lainnya yaitu aktifitas produksi produk, pengembangan
software, penjualan produk, dan customer
service.
-
Xiaomi mengidentifikasi tingkat
kepentingan suatu aktivitas
-
Xiaomi menganalisa perbedaan
dari tiap aktivitas berdasarkan faktor-faktor penentu biaya dan
Perbedaan-perbedaan yg dilakukan oleh para pesaing dalam menjalankan suatu
aktivitas tertentu.
2. Alokasi total biaya kepada tiap aktivitas
3. Jika tujuan dari analisa rantai nilai adalah untuk efisiensi biaya maka
pembagian dan pengalokasian total biaya kedalam tiap aktivitas dapat dilakukan
dengan mempertimbangkan aktivitas-aktivitas mana yg berpotensi untuk
pengurangan biaya.
4. Identifikasi faktor-faktor penentu biaya
Untuk setiap aktivitas, Xiaomi melakukan analisa, identifikasi dan penentuan
faktor-faktor yang sangat
menentukan/ mempengaruhi tingkat biaya relatif dibandingkan pesaing.
5. Identifikasi keterkaitan biaya
Biaya suatu aktivitas dapat mempengaruhi/ dipengaruhi oleh cara-cara
bagaimana aktivitas lain dilakukan. misal:
- Pembelian komponen yang berkualitas tinggi akan menurunkan biaya merangkai
dan kontrol kualitas
- Sedikit kerusakan dalam memproduksi akan menurunkan biaya garansi yang muncul pada aktivitas pelayanan dan pendukung
- Desain produk Xiaomi dengan komponen standar akan meningkatkan skala
ekonomi dalam memproduksi komponen
- Ketidakmampuan dalam memesan bahan baku akan meningkatkan biaya penyimpanan
persediaan
6. Membuat rekomendasi untuk pengurangan biaya
Setelah proses identifikasi keterkaitan biaya pada aktivitas, maka Xiaomi
dapat menentukan aktivitas mana yang perlu dilakukan penurunan biaya.
Xiaomi cenderung memproduksi smartphone-nya dalam
gelombang. Hal ini selain dapat menciptakan kelangkaan dan sebagai strategi
marketing, juga membantu menekan biaya produksi. Dengan umur produk yang cukup
panjang dan harga komponen yang cenderung menurun dari waktu ke waktu. Sebagai
contoh, pada bulan Januari 2014 Xiaomi meluncurkan produk X dimana pada saat
itu harga prosesor yang digunakan adalah $40. Pada bulan tersebut Xiaomi hanya
memproduksi 100.000 saja dan habis dalam beberapa menit. Di bulan februari,
Xiaomi kembali memproduksi produk X namun saat ini harga prosesor yang
digunakan telah turun menjadi $35. Dari situ saja Xiaomi telah mendapatkan
keuntungan $5 per unit produk X. Dan itu baru dari satu komponen.
Xiaomi tidak menghabiskan banyak uang untuk beriklan dengan
cara tradisional. Xiaomi juga tidak punya toko fisik sendiri, yang boros biaya
karyawan serta ongkos lainnya. Ya, Xiaomi menjual ponselnya melalui e-commerce.
Xiaomi memiliki toko online sendiri, dan juga menjual produknya di Tmall.com,
salah satu retail online terbesar di China.
Strategi yang dilakukan Xiaomi tersebut cukup membantu
Xiaomi dalam mereduksi biaya pada aktivitas.
Teknik-teknik penurunan biaya
- Total Quality Management
Perbaikan kualitas dengan menurunkan
biaya melalui :
–
Penyederhanaan proses
–
Peningkatan tanggung jawab
pada bawahan untuk mengatasi penurunan biaya
–
Mendorong proses inovasi
–
Mengurangi biaya supervisi dan
pemeliharaan
–
Memotong jumlah persediaan dan
barang dalam proses
2. Restrukturisasi perusahaan
- Proses retrukturisasi perusahaan melibatkan beberapa macam ukuran penurunan biaya :
i. Perbaikan pabrik untuk meningkatkan kapasitas dan menghilangkan teknologi
yg sudah usang.
ii. Memberikan pengerjaan komponen dan jasa pemasaran kepada pemasok yg lebih
unggul dalam biaya rendah
iii. Efisiensi manajerial melalui
1. Penyederhanaan struktur organisasi
2. Mengurangi biaya administrasi
3. Menerapkan aplikasi target keuangan dan kontrol
4. Memberikan insentif pada penurunan biaya
3. Proses Perekayasaan Ulang Bisnis
Suatu pemikiran kembali dan pendisainan ulang secara radikal pada proses
bisnis untuk mencapai perbaikan kinerja perusahaan seperti: biaya, kualitas,
pelayanan, dan kecepatan.
EmoticonEmoticon