Tugas Akhir Manajemen Strategi #5

07.39

Bab 8 - Diagram SWOT dan Prioritas Strategi Xiaomi
Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan di atas,  hasilnya dapat  dirangkum  sebagai berikut :
       Skor Total Kekuatan 8
       Skor Total Kelemahan 7
       Skor Total Peluang 5
       Skor Total Ancaman 8
Dari hasil perhitungan di atas, di dalam perhitungan strateginya  memerlukan penegasan dari adanya posisi dalam salib sumbu yaitu antara kekuatan dan kelemahan, maupun peluang dan ancaman yang kesemuanya digambarkan dalam garis-garis positif dan negatif.
Dari analisis tersebut di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih kecil dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang lebih kecil dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi berada pada kwadran 4 yang berarti pada  posisi Kombinasi, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern  yang  KUAT, dengan lingkungan  yang  MENGANCAM.
Berpijak dari skor total ini, maka penentuan posisi perusahaan Xiaomi dapat digambar sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada  Gambar dibawah.
Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
Koordinat  Analisis  Internal
(Skor  total Kekuatan - Skor Total Kelemahan) : 2 =
(8 + (-7)) : 2 = 0,5
Koordinat  Analisis Eksternal
(Skor total Peluang - Skor Total Ancaman) : 2 =
(5 + (-8)) : 2 = -1,5

 

Jadi  titik koordinatnya terletak  pada (0,5; -1,5)
Setelah diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel berikut ini
Kuadran
Posisi titik
Luas matrik
Ranking
Prioritas Strategi
I
(8;5)
40
3
Growth
II
(7;5)
35
4
Stabilitas
III
(7;8)
56
2
Penciutan
IV
(8;8)
64
1
Kombinasi

Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.

9. Matrik SWOT Xiaomi
Kondisi Internal
Kekuatan (Strengths)
Kelemahan (Weaknesses)
1.   Mampu memproduksi hardware yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga jual yang murah
2.   Promosi produk menggunakan media sosial dan penggemar secara online
1.    Kurangnya layanan service center produk
2.    Perbedaan harga produk di lokasi yang berbeda
    Kondisi Eksternal
Peluang
(Opportunities)
1.   Pengembangan software smartphone yang kurang
2.   Layanan internet di asia meningkat
SO
1.    Pengembangan software smartphone yang kurang ditangkap dengan produksi hardware yang memiliki spesifikasi tinggi agar dapat mengikuti perkembangan software.
(Pengembangan Produk)
2.    Layanan internet di asia meningkat ditangkap dengan meningkatkan promosi menggunakan media sosial dan penggemar secara online.
(Penetrasi Pasar)
WO
1.   Membuka layanan service center produk di berbagai tempat yang strategis sehingga dapat mengurangi keluhan customer dan menciptakan trust terhadap brand perusahaan. (Integrasi ke depan)
2.   Memperbaiki proses distribusi produk dengan melakukan melakukan pengawasan secara online sehingga dapat meminimalisir perbedaan harga di lokasi yang berbeda (Penetrasi Pasar)
Ancaman
(Threats)
1.   Banyaknya pesaing baru yang bermain di segmentasi pasar yang sama
2.   Kebijakan pemerintah yang kurang mendukung
ST
1.  Menambah portofolio produk di berbagai segmentasi pasar dengan  peningkatan spesifikasi produk namun dengan harga yang bersaing dari produk pesaing. (Pengembangan Produk)
2.  Mengurangi promosi yang tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk meminimalisir konflik.           (Pengurangan)
WT
1. Menjalin kerjasama dengan distributor dalam menambah dan meningkatkan layanan service center produk. (Outsourching)
2. Menetapkan harga standar produk untuk meminimalisir perbedaan harga jual produk di lokasi yang berbeda.                            (Integrasi Horisontal)

Bab Selanjutnya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »