Bab 8 -
Diagram SWOT dan Prioritas Strategi Xiaomi
Berdasarkan
hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada Tabel
seperti dituliskan di atas, hasilnya
dapat dirangkum sebagai berikut :
•
Skor Total Kekuatan 8
•
Skor Total Kelemahan 7
•
Skor Total Peluang 5
•
Skor Total Ancaman 8
Dari hasil
perhitungan di atas, di dalam perhitungan strateginya memerlukan penegasan dari adanya posisi dalam
salib sumbu yaitu antara kekuatan dan kelemahan, maupun peluang dan ancaman
yang kesemuanya digambarkan dalam garis-garis positif dan negatif.
Dari
analisis tersebut di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih kecil dari faktor
kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang lebih kecil dari faktor ancaman.
Oleh karena itu posisi berada pada kwadran 4 yang berarti pada posisi Kombinasi, dimana hal ini menunjukkan
kondisi intern yang KUAT, dengan lingkungan yang
MENGANCAM.
Berpijak
dari skor total ini, maka penentuan posisi perusahaan Xiaomi dapat digambar
sebagai Matrik SWOT yang dapat dilihat pada
Gambar dibawah.
Untuk
mencari koordinatnya, dapat dicari dengan cara sebagai berikut:
Koordinat Analisis
Internal
(Skor total Kekuatan - Skor Total Kelemahan) : 2 =
(8 + (-7)) : 2 = 0,5
Koordinat Analisis Eksternal
(Skor total
Peluang - Skor Total Ancaman) : 2 =
(5 + (-8)) : 2 = -1,5
Jadi titik koordinatnya terletak pada (0,5; -1,5)
Setelah
diketahui titik pertemuan diagonal-diagonal tersebut (X), maka posisi unit
usaha diketahui pada kuadran I namun cenderung dekat pada kuadran IV sehingga
perlu diadakan penyempurnaan analisis dengan menghitung luasan wilayah pada
tiap-tiap kuadran. Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat
digambarkan pada tabel berikut ini
Kuadran
|
Posisi titik
|
Luas matrik
|
Ranking
|
Prioritas Strategi
|
I
|
(8;5)
|
40
|
3
|
Growth
|
II
|
(7;5)
|
35
|
4
|
Stabilitas
|
III
|
(7;8)
|
56
|
2
|
Penciutan
|
IV
|
(8;8)
|
64
|
1
|
Kombinasi
|
Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang
dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk
mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat
membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan
dengan menghindari kelemahan.
Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala
kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap
kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk
menciptakan peluang.
9. Matrik
SWOT Xiaomi
Kondisi Internal
|
||||
Kekuatan (Strengths)
|
Kelemahan (Weaknesses)
|
|||
1.
Mampu
memproduksi hardware yang memiliki spesifikasi tinggi dengan harga jual yang
murah
2.
Promosi produk menggunakan
media sosial dan penggemar secara online
|
1.
Kurangnya
layanan service center produk
2.
Perbedaan
harga produk di lokasi yang berbeda
|
|||
Kondisi Eksternal
|
Peluang
(Opportunities) |
1.
Pengembangan
software smartphone yang kurang
2.
Layanan
internet di asia meningkat
|
SO
1.
Pengembangan
software smartphone yang kurang ditangkap dengan produksi hardware yang
memiliki spesifikasi tinggi agar dapat mengikuti perkembangan software.
(Pengembangan Produk)
2.
Layanan internet di asia meningkat ditangkap dengan meningkatkan promosi
menggunakan media sosial dan penggemar secara online.
(Penetrasi
Pasar)
|
WO
1.
Membuka
layanan service center produk di berbagai tempat yang strategis sehingga
dapat mengurangi keluhan customer dan menciptakan trust terhadap brand
perusahaan. (Integrasi ke depan)
2.
Memperbaiki
proses distribusi produk dengan melakukan melakukan pengawasan secara online
sehingga dapat meminimalisir perbedaan harga di lokasi yang berbeda (Penetrasi
Pasar)
|
Ancaman
(Threats) |
1.
Banyaknya
pesaing baru yang bermain di segmentasi pasar yang sama
2.
Kebijakan
pemerintah yang kurang mendukung
|
ST
1. Menambah
portofolio produk di berbagai segmentasi pasar dengan peningkatan spesifikasi produk namun dengan
harga yang bersaing dari produk pesaing. (Pengembangan Produk)
2. Mengurangi
promosi yang tidak sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk meminimalisir
konflik. (Pengurangan)
|
WT
1. Menjalin kerjasama dengan distributor dalam menambah dan meningkatkan
layanan service center produk. (Outsourching)
2. Menetapkan
harga standar produk untuk meminimalisir perbedaan harga jual produk di
lokasi yang berbeda. (Integrasi
Horisontal)
|
EmoticonEmoticon